Jumat, 18 Januari 2019
Halo.. aku lanjutkan sharing aku ya..

Kamipun akhirnya memutuskan untuk berkonsultasi dengan dr. J spesialis obsgyn konsultan fertility juga di RS T. Kami berganti dokter bukan karena merasa  pengobatan dengan dr T kemarin belum membuahkan hasil, tapi lebih kepada mencari suasana baru (antrinya ga terlalu lama contohnya) dan juga kami ingin menanyakan opsi tindakan yang lebih invasif lagi, inseminasi misalnya. Karena sebelumnya, dr. T kurang menyarankan inseminasi. Beliau berpendapat inseminasi lebih ditujukan kepada pasangan dengan sperma yang kurang bagus, kurang cepat atau kurang jumlah, karena prinsip insem adalah menyuntikkan langsung sperma sedekat mungkin dengan sel telur yang matang, sehingga bisa segera terjadi pembuahan. Karena menurut beliau sperma suami bagus dan telur telurku pun responsif dengan pengobatan, beliau masih percaya kami masih bisa program dengan obat - obatan aja. Tapi namanya orang hampir hampir putus asa, segala opsi program hamil adalah suatu harapan. Jadi kami ke dr. J ingin mendengar second opinion dan dengan persiapan mental kalau - kalau beliau memang menyarankannya insem atau sekalian bayi tabung.

Pertama kali mencoba konsul dengan dr J, terus terang kami beruntuuuung banget. Menurut pengalaman ibu ibu yang pernah kebeliau, janjian sama dr J ini harus 3 bulan sebelumnya. Karena aku sempet ga kontrol ke dr T (walau tetep minum obat dan vitamin) aku berhasil mendapat antrian sebulan sebelumnya dan aku dapet nomer urut 10, menggantikan pasangan yang batal konsul karena posisi di Ternate (inget banget aku). FYI, dr J hanya melayani pasien poli per hari nya maksimal 10 orang. How lucky I am...

Pertama kali ketemu dr J ini, kami merasa nyaman dan tenang, mungkin karena pembawaan dr J ini yang mirip sama papi kami. Setelah di periksa, beliau setuju dengan diagnosa PCOS ku. Daan sama seperti dr T beliau menyarankan jangan buru - buru insem, obat saja dulu, kalian masih muda. Agak pengen membantah sih sebenernya, tapi suami langsung memberikan lirikan "diem aja dengerin dulu". Mungkin ngeliat wajahku yang berubah lesu karena berarti berkutat dengan obat obat dan cek cek hormon lagi, beliau menambahkan, " Saya ganti dan tambah obatnya ya, ga usah cek hormon, kalau telat test pack saja. Ini kayaknya kamu sebentar lagi mens, jadi minum obatnya pas mens ya. Nanti hari ke 11 mens cek telur dan kita atur jadwal berhubungan. Kalau belum juga, kita bisa pikirkan tindakan,"

Mendengar itu, akhirnya aku bisa senyum setelah aku pikir - pikir iya juga, ngebet amat pengen tindakan, obat penyubur yang selama ini aku konsumsi juga ga pernah diganti karena responsif, mungkin memang perlu variasi obat lain. Begitu pikirku. Akhirnya dengan pikiran yang lebih tawakal dan tenang, kami pulang dan sudah siap kalau memang bulan ini aku mens lagi.

Dan ternyata bener, aku mens lagi. Itu bertepatan dengan 2 bulan kami pindah ke rumah baru tapi lagi jalan - jalan ke Solo. Akhirnya aku minum deh obatnya, kali ini femara dan ada tambahan metformin dan asam folat. Suami juga ikut - ikutan konsumsi asam folat dan melanjutkan suplemen zeman dari dr T yang kemarin. Di hari ke 11 aku datang untuk konsul lagi. Oh ya jadi ceritanya setelah selesai konsul pertama kali dengan dr J, ak langsung bikin appointment buat kontrol lagi dengan mengira - ngira hari 11-13 aku mens (iya waktu itu optimis nya pasti mens, dan kalo ga mens pun ga ada ruginya bikin janji) dan dapet tapi no 9, hehehe again lucky me.

Ternyata femara ini responsif di aku, ada 4 telur mateng di ovarium kanan salah satunya ada yang berbentuk oval, hahaha. Yang sebelah kiri ada 2, tapi beliau senang karena kan aku ada sumbatan di sebelah kiri nih, kanan yang jalannya longgar puji Tuhan pas yang telurnya banyak.

Dokter menjadwalkan kami untuk berhubungan kali ini diselingi aja sehari sehari, dan tips nya jangan langsung bangun habis berhubungan minimal sejam, apapun yang terjadi.Oh ya abis kontrol cek telur itu, aku sempet balik setelah ambil obat dan tanya sama dokter,
"dok, kalau saya mens lagi gimana ? Dan kalau tanggalnya unpredictable ?"

Sepertinya dr J tau kalau antrian di beliau itu sungguh sulit, jadi beliau bilang, "Nanti telpon aja ke sini, ambil resep yang baru, nanti saya resepkan. Semoga berhasil ya," Jadi aku ga sempet bikin appointment buat bulan depannya kalau kalau aku mens, dan akupun ga dikasih resep obat penyubur kalau aku mens. Mungkin ada yang bingung kalau ga baca dari awal, jadi obat penyubur itu akan ngefek kalo diminum hari ke 1-3 mens, diluar itu kecil kemungkinan untuk mematangkan sel telur. Beranggapan bahwa dr J optimis ak ga mens bulan ini, membuat aku sedikit lebih berharap, hehehe.


Kami pun menjalankan program dan tips ini dengan hati yang lebih adem, lebih siap, lebih enjoy, dan tetap berpengharapan. Mungkin karena rumah baru juga, jadi suasananya lebih enak, ngapa - ngapain bebas, mau explore di mana aja ga masalah, hihihihi. Kalau perubahan pola makan dan gaya hidup, kita ga bisa berubah total sih, cuma aku mengurangi yang manis2, lemak2, begitu juga suami mengurangi rokok. Olahraga aku paling ngikutin yang di youtube doang, itupun cuma sekali dua kali seminggu. Kayak - kayaknya kita memang udah pasrah dan pengen aja menikmati enak ga enaknya punya rumah sendiri, jadi pikiran ga terlalu terfokus pada ke belum hamil an ku.

Dan di hari hari mendekati tanggal aku biasa mens, mens belum muncul juga. Memang sih, aku ngalamin rasa - rasa seperti mau mens, perut kram kram ga jelas, PD agak nyeri, badan pegel pegel semua, jadi aku cuek, alah paling bentar lagi aku mens.
Akupun udah bilang ke Andre, "Sayang, maaf ya tapi ini aku ngerasa perutku kram kram gitu kayak mau mens, aku kayaknya masih dapet deh bulan ini.." dan si suami bilang "Apaan sih beb kok minta maaf gapapa lah, kan berarti ada masa subur lagi.. Emang udah waktunya ya ?"
"Kayaknya sih, harusnya hari ini, tapi biasa kan terlambat sehari sampe tiga hari juga,"
" Ya udah besok testpack aja,"
"Hahh ngapain beb trauma aku sama testpack, takut kecewa ntar negatif lagi,"
"Ih apa salahnya coba, udah besok testpack aja,"

Dan adu argumen seharian, akunya ngotot ga mau, Andre tetep mendorong aku buat testpack. Agak bingung juga sih soalnya sebelum ini dia ga pernah sengotot itu suruh testpack. Karena aku bandel, besok paginya aku ga testpack, tanpa kasih tau suami, dan dia agak kecewa pas aku bilang belum tp. "Ya udah, besok testpack ya, udah telat dua hari kan.. Siapa tau beb.. berdoa aja, percaya,deh"

Baiklah, buat nurutin suami tercinta, akhirnya aku bertekad buat besok testpack. Sudah mempersiapkan diri buat ngeliat hasil yang negatif, aku cuma beli satu testpack aja itupun bukan sensitif, onemed apa ya yang murah itu. Bener - bener ga ada beban di pagi hari itu aku bangun, sebenernya agak lupa harus tp, terus buru - buru nampung urin di tengah tengah buang air. Aku celupkan tp itu dan tunggu sampai naik... pertama garis kontrol yang muncul... terus lho lho lho kok, ada garis satu lagi ?? Tipis sih, ini bener nih garis positif ?? Bener - bener masih melongo aku bangunin suami minta bantuan konfirmasi ini segaris atau dua garis. Masih ngantuk - ngantuk dia buka mata, ngeliat testpack ketawa kecil, meluk aku, terus tidur lagi, meninggalkan aku yang masih terbengong - bengong.


0 komentar:

Quem sou eu

Foto saya
Gemini 1991. Music, Books, Movie, MakeUp, Fashion and Travel Lover. 2009 UNDIP Medical Faculty. twitter : https://twitter.com/rimacadjani instagram : @rimaadjani
Diberdayakan oleh Blogger.

Fan Page